Selasa, 06 Maret 2012

ILMU BUDAYA DASAR

Rangkuman Tentang IBD :
A.    Mata kuliah IBD, adalah salah satu mata kuliah yang membicarakan mengenai :

v  Nilai-nilai kehidupan / norma-norma,yaitu  setiap manusia baik individu atau anggota masyarakat selalu membutuhkan bantuan orang lain.Dalam interaksi social tersebut, setiap individu bertindak sesuai dengan kedudukan, status sosial, dan peran yang mereka masing-masing.
v  Kebudayaan,yaitu  sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan san meliputi system ide atau gagasan yang terdapat  dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari.
v  Berbagai macam masalah yang dihadapi oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari,yaitu dimana seluruh manusia tidak luput dari masalah,bahkan orang yang diam saja dapat terkena masalah.Untuk itu, dalam mengatasinya manusia harus memilik rasa tanggungjawab dalam menghadapi masalah tersebut.

B.     Setelah mandapatkan mata kuliah IBD, mahasiswa diharapkan dapat memperlihatkan :

v  Minat dan kebiasaan menyelidiki apa yang terjadi dalam kehidupannya sendiri maupun dilingkungan sekitarnya.
v  Kesadaran akan pola-pola nilai yang dianutnya serta bagaimana hubungan nilai-nilai ini dengan cara kehidupan sehari-hari.
v  Kerelaan memikirkan kembali dengan hati yang terbuka nilai-nilai yang dianutnya untuk mengetahui apakah dia secara berdiri sendiri membenarkan nilai-nilai tersebut untuk dirinya sendiri

C.     Latar belakang IBD dalam konteks budaya dan masyarakat Indonesia berkaitan dengan permasalahan sebagai berikut :

v  Kenyataan bahwa bangsa Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa dengan segala keaneka- ragaman dan tidak bisa lepas dari ikatan-ikatan primordial, kesukuan dan kedaerahan.
v  Proses pembangunan yang sedang berlangsung menimbulkan perubahan dan pergeseran sistem nilai budaya sehingga mental manusiapun terkena pengaruhnya.
v  Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia.

D.    IBD Sebagai Bagian Darimata Kuliah Dasar Umum
Secara khusus MKDU bertujuan untk menghasilkan warga negara sarjana yang berkualitas sebagai berikut :


v  Berjiwa Pancasila sehingga segala keputusan serta tindakannya mencerminkan pengalaman nilai-nilai Pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi, yang mendahulukan kepentingan nasional dan kemanusiaan sebagai sarjana Indonesia.
v  Taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran agamanya, dan memiliki tenggang rasa terhadap pemeluk agama lain.
v  Memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral di dalam menyikapi permasalahan kehidupan baik sosial, ekonomi, politik kebudayaan maupun pertahanan keamanan.
v  Memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan masyarakat dan secara bersama–sama mampu berperan serta meningkatkan kualitasnya, maupun lingkungan alamiah dan secara bersama–sama berperan serta di dalam pelestariannya.

E.     Pengertian Ilmu Budaya Dasar
Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep–konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah–masalah manusia dan kebudayaan.


Menurut Prof. Dr. Harsya Bachtiar mengemukan bahwa Ilmu Pengetahuan dikelompokan dalam tiga kelompok besar :

1    Ilmu–ilmu Alamiah (Natural Science): bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat di alam semesta. Kajian menggunakan metode ilmiah, dapat 100% benar dan 100% salah. Contoh: Astronomi, Fisika, Kimia, Biologi, Kedokteran dan Mekanika.
2.  Ilmu-ilmu Sosial (Social Science): bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia. Kajian menggunakan metode ilmiah, hasilnya tidak mungkin 100% benar, hanya mendekati kebenaran. Contoh: Ilmu Ekonomi, Sosiologi, Politik, Demografi, Psikologi, Antropolgi Sosial, Sosiologi Hukum, dan sebagainya.
3.   Pengetahuan Budaya (The Humanities): bertujuan untuk memamhami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan pernyataan-pernyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti.

F.      Tujuan Ilmu Budaya Dasar

v  Mengusahakan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka;
v  Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan–persoalan  yang menyangkut kedua hal tersebut;
v  Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan negara serta ahli dalam bidang disiplin masing–masing, tidak jatuh kedalam sifat–sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat;
v  Menguasai wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain.

G.    Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar
Dua masalah pokok ialah :
v  Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya;
v  Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing zaman dan tempat.

Pokok bahasan yang akan dikembangkan ialah :
v  Manusia dan Cinta Kasih;  Manusia dan Keindahan;
v  Manusia dan Penderitaan; Manusia dan Keadilan;
v  Manusia dan Pandangan Hidup; Manusia dan Tanggungjawab;
v  Manusia dan Kegelisahan; Manusia dan Harapan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar