Sabtu, 16 Juni 2012

Makalah 1


Kontribusi Pemerintah dan MasyarakatDalam Melestarikan Kebudayaan





gundar





OLEH :

NAMA            : EGGI ALAM PERSADA
KELAS           : 1KA33
NPM                : 12111334

UNIVERSITAS GUNADARMA















Mata Kuliah  :  Ilmu Budaya Dasar
Dosen : Muhammad Burhan Amin

Topik Makalah

Kontribusi Pemerintah dan MasyarakatDalam Melestarikan Kebudayaan

 


Kelas  :  1-KA33
Tanggal Penyerahan Makalah : 15 Juni 2012
Tanggal Upload Makalah  :  16 Juni 2012

 P E R N Y A T A A N


Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain.

Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.

P e n y u s u n



N P M
Nama Lengkap
Tanda Tangan
12111334
Eggi Alam Persada



Program Sarjana Sistem Informasi


UNIVERSITAS GUNADARMA



KATA PENGANTAR



Segala Puji dan Syukur saya selaku penyusun makalah ini kepada Tuhan Yang MahaEsa yang masih senantiasa memberikan nikmat yang berlimpah kepada saya agar dapatmembuat dan menyelesaikan makalah ini.Dalam penyusunan makalah ini saya mendapatkan banyak hambatan akan tetapidengan bantuan dan motivasi dari teman serta Bapak selaku Dosen Ilmu Budaya Dasar saya,seluruh hambatan itu dapat teratasi dan lewati. Oleh karena itu,saya mengucapkan banyak terima kasih kepada keluarga, teman dan juga dosen IBD yang membantu dan memotivasisaya dalam penyusunan makalah ini, smoga kalian semua di berikan balasan yang setimpaldari Allah.Kepada para pembaca, jika terdapat kesalahan atau kekurangan dalam makalah yangsaya buat, saya memohon maaf karena manusia masih banyak yang luput dari kesalahan danmasih dalam tahap pembelajaran agar kedepannya bisa lebih baik lagi. Saya berharap makalahini sangat bermanfaat dan berguna bagi yang membacanya dan digunakan sebagai manamestinya.
















Jakarta Timur 15 Maret 2012

Penulis 




 
DAFTAR ISI


PERNYATAAN……………………………………………………………….ii
KATA PENGANTAR ………………………………………………………..iii
DAFTAR ISI……………………………………………………………….iv

BAB I

PENDAHULUAN
Latar Belakang…………………………………………………………………5
Tujuan…..……………………………………………………………………6
Sasaran ….………………………………………………………………………6

BAB 2 PERMASALAHAN

Kekuatan………………………………………………………………………7Kelemahan…………………………………………………………………….7Peluang………………………………………………………………………..7Tantangan atau hambatan…………………………………………………………………………..8

BAB III

 KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
Kesimpulan……………………………………………………………………9Rekomendas………………………………………………………………….9Referensi………………………………………………………………………9












BAB I
PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiki bereaneka ragam budaya karenaIndonesia terdiri dari berbagai macam suku,ras,agama,bahasa,adat istiadat dan sebagainya.Oleh karena itu, Indonesia merupakan Negara yang berbeda dengan Negara-negara lain didunia. Namun banyaknya keanekaragaman tersebut membuat Negara Indonesia menjadi Negara yang rawan konflik.Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuahkelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agamadan politik , adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian,  bangunan, dan karyaseni.Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak  terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskansecara genetis. Ketika seseorang berusaha ber komunikasidengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itudipelajari.Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.Citra budaya yang bersifat memaksa tersebut membekali anggota-anggotanya dengan pedoman mengenai perilaku yang layak dan menetapkanduniamaknadan nilailogisyang dapat dipinjam anggota-anggotanya yang paling bersahaja untuk memperoleh rasa bermartabatdan pertalian dengan hidup mereka.
 
Keanekaragaman suku bangsa yang dimiliki menimbulkan berbagai macam budayayang ada di dalam bangsa. Kebudayaan yang tumbuh dan berkembang dalam suatu suku bangsa dapat disebut dengan budaya daerah. Kebudayaan daerah itu sendiri dapat diartikandengan suatu bentuk kebiasan suatu daerah yang diwarisi turun temurun oleh generasisebelumnya ke generasi selanjutnya dalam ruang lingkup daerah tersebut. Kemunculan budayadi suatu daerah itu karena pola pikir dan kehidupan sosial yang sama dapat menjadikan suatukebiasaan yang membedakan mereka dari penduduk di luar daerah tersebut.




BAB II
PERMASALAHAN


1. Kekuatan (Strength)
• Keanekaragaman budaya Indonesia dapat dikatakan mempunyai keunggulandibandingkan dengan negara lainnya. Indonesia mempunyai potret kebudayaan yanglengkap dan bervariasi.
• Berlakunya hukum yang adil untuk membuat suatu kebijakan mengenai kebudayaanyang telah dimiliki oleh bangsa Indonesia.
•Memiliki rasa tanggung jawab terhadap kebudayaannya sendiri dan selalu menghargaiterhadap nilai-nilai serta norma-norma sosial dalam kebudayaan.
•Meningkatkan perlindungan terhadap kebudayaan agar tidak bisa lepas darikepunahan.
2.Kelemahan (Weakness)
•Kurangnya kepedulian terhadap kebudayaan sendiri yang bisa mengakibatkankebudayaan tersebut mengalami ketidakterjagaan.
•Kurangnya pertahanan, keamanan, dan perlindungan Negara terhadap kebudayaannyasendiri.
•Mudah terpengaruhnya budaya Indonesia terhadap budaya asing yang menyebabkan budaya Indonesia semakin terhindarkan.
•Ketidaktegasan peraturan pemerintah mengenai perlindungan kebudayaan daerah yangdimiliki.



 
3. Peluang (Opportunity)
• Banyaknya perbedaan yang dapat memperkuat bangsa Indonesia menjadi satukesatuan yang utuh dan semakin maju atas kebudayaannya sendiri.
• Perkembangan suatu zaman yang semakin kompleks dalam arti kemajuan yang sangatmodern.
• Pengenalan budaya Indonesia di Negara-negara di dunia agar Negara di Dunia tahu bahwa Indonesia memiliki banyak anekaragam kebudayaan.
• Memperkuat rasa persatuan dan kesatuan dalam mempertahankan budaya sendiri.
• Melestarikan kebudayaan yang terdahulu agar tidak terjadi kepunahan.

4. Tantangan/Hambatan (Threats)
• Terbatasnya sarana dan prasarana yang menimbulkan budaya tidak bisa dikembangkansecara bertahap.
• Kurangnya rasa peduli terhadap cinta tanah air mengenai budayanya.
• Banyaknya masyarakat yang lebih menyukai budaya luar akibat terpengaruhnya oleh budaya luar tersebut.
• Kurangnya sumber daya manusia yang bergerak dalam bidang kebudayaan yangmenyebabkan budaya sendiri susah untuk dikembangkan.
• Tidak sadarnya masyarakat terhadap budayanya bahwa budaya ini beranekaragam bentuknya.
• Lebih banyak mementingkan diri sendiri melainkan mementingkan budayanya yang pada akhirnya tidak ada perkembangan dalam kebudayaannya



BAB III
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

1.Kesimpulan
Budaya yang ada di dalam Negara kita ini merupakan salah satu asset penting yangharus di perhatikan pada zaman sekarang karena banyaknya budaya asing yang masuk ke Negara ini sangat dapat merusak kebudayaan yang di lahirkan atau diciptakan oleh nenek moyang kita dulu. Tentunya hal ini harus di dukung oleh kesadaran setiap individu dan pemerintah yang membantu masyarakat dalam membangun rasa cinta budaya nasional disetiap diri individu.

2.Rekomendasi
• Ikut berpartisipasi dalam mengembangkan budaya kita sendiri yang lahir sejak dahulu.
• Berperan serta menjaga dan melindungi kebudayaan yang telah ada sampai saat ini.
• Tidak terpengaruh oleh budaya lain dari budaya sendiri.
• Mengapresiaskannya didalam kehidupan sehari – hari agar patut dicontoh oleh masyarakat.
• Mencintai aneka ragam budaya tanah air dengan sungguh – sungguh.



REFERENSI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar